Cara dan Tips melamar pekerjaan

iklan
 Melamar pekerjaan

Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan tidaklah mudah,butuh perjuangan dan kerja keras pastinya.
kerja keras saja tentunya tidak cukup apabila tidak disertai dengan do'a. Dalam melamar pekerjaan,seorang seorang kandidat perkerja atau pencari kerja harus benar-benar mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.Banyak pelamar yang tidak memahami hal ini,sehingga mereka tidak mendapatkan pekerjaan yang mereka idamkan.
Ini artinya usaha yang kita lakukan akan sia-sia.
Oleh sebab itu perlu diperhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Mencari informasi
Untuk melamar pekerjaan, tentunya kita harus giat mencari informasi lowongan kerja atau sering kita dengar dengan istilah (Loker) bisa didapatkan dari berbagai sumber,misalnya:

  • Dari media cetak seperti koran,majalah.
  • Dari media sosial seperti facebook,twitter,instagram,dan media sosial lainnya
  • Mendaftar di yayasan penyalur tenaga  kerja
  • Mencari info langsung dari teman,saudara,kerabat,
  • Atau datang langsung ke perusahaan dan menanyakan ke scurity,dll.
Dan masih banyak cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan informasi pekerjaan yang kita inginkan tentunya dengan kemampuan yang kita miliki.

Note:Kalau bisa jangan menggunakan jasa calo.

      2.Menentukan lowongan kerja

Setelah kita mendapatkan informasi pekerjaan,maka kita akan menentukan lowongan kerja yang tersedia sesuai dengan kemampuan kita.Ketika melamar pekerjaan sebaiknya jangan memaksakan kehendak apabila lowongan yang ada tidak sesuai kualifikasi yang kita punya,karena perusahaan tidak akan menerima kita.
Saya beri contoh misalnya sebuah perusahaan sebut saja PT.SYUKURLAH JAYA INDONESIA sedang membuka lowongan kerja dengan persyaratan:

  • Laki-laki usia maksimal 24 tahun
  • Tinggi badan minimal 165cm
  • Pengalaman welding minimal 2 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani
Dari persyaratan tersebut maka sudah jelas bahwa perusahaan tersebut sedang membutuhkan karyawan dengan kualifikasi tertentu.
Apabila teman-teman memnuhi persyaratan yang dicantumkan tersebut maka besar kemungkinan untuk diterima di perusahaan itu.
Untuk yang tidak memenuhi persyaratan tersebut sebaiknya jangan melamar,karena ini akan percuma.
Setelah kita melamar ke perusahaan tertentu ada baiknya kita mengetahui tentang perusahaan yang akan memberi pekerjaan,bisa dilakukan dengan searching tentang profil perushaan atau mencari informasi tentang perusahaan.

Untuk selanjutnya,setelah kita mendapatkan informasi kemudian kita menemukan lowongan pekerjaan sesuai persyaratan dan keahlian yang kita miliki.Maka mulailah menulis surat lamaran untuk ditujukan ke perusahaan tersebut.
Tulislah lamaran dengan rapih,ringkas dan jangan lupa sertakan no.telepon supaya perusahaan bisa menghubungi kita apabila akan melakukan tes seleksi.
Baiklah demikian sedikit informasi kali ini mengenai cara melamar pekerjaan,semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang berjuang mencari kerja,salam sukses untuk kita semua.

iklan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara dan Tips melamar pekerjaan"

  1. Thanks buat tips nya gan,.
    kalo bisa posting juga info loker nya


    jika berkenan silahkan berkunjung juga ke blog ane gan
    ickorock.blogspot.co.id


    thanks

    ReplyDelete