Penipuan Bermodus Lowongan Kerja Fiktif

iklan
Wahai Para Pencari Kerja,.Waspadalah-waspadalah.
Baru-baru ini banyak beredar modus penipuan berkedok lowongan kerja fiktif yang mengatasnamakan perusahaan terterntu.
Banyak nya pengangguran di negeri kita tercinta ini,kemudian dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang menjanjikan sebuah pekerjaan dan pastinya meminta sejumlah uang untuk masuk ke perusahaan.















Mari kita bahas bersama-sama disini agar kita paham mana lowongan kerja yang benar dan mana yang sifatnya tipu-tipu. 

1.Diminta mengisi biodata via sms atau email






Cara seperti ini sering kali dilakukan penipu untuk menjerat korban nya agar mengirimkan data diri korban kepada mereka dan pasti mereka akan langsung menghubungi si korban.
Biasanya panggilan kerja nya lebih cepat dari panggilan kerja pada umumnya. 
Jika diperhatikan nomor telepon nya adalah nomor telepon pribadi bukan nomor kantor,dan bila mencantumkan alamat email biasanya dari email gratisan seperti gmail.com,,,,yahoo.com.


2.Panggilan Tes dan Interview di Ruko.













Dalam merekrut karyawan,perusahaan tidak akan menyebar iformasi lowongan kerja melalui sms atau email,.baiasanya di tempel di pos satpam,di yayasan,BKK,atau walk in interview.

Baca juga "Cara perusahaan menerima karyawan"
Panggilan kerja biasanya perusahaan akan menghubungi langsung via telepon (NOMOR KANTOR).

Kalaupun panggilan nya via sms baisnya Psykotes dan Interview di adakan langsung di perusahaan, bukan di ruko.
Namun ada juga kasus seperti tempat tes yang sangat jauh misalnya Perusahaan yang lokasinya berada di Bekasi tapi tempat seleksi karyawan nya di adakan di Bandung,ini patut diwaspadai

3.Meminta Biaya Administrasi









Perlu kita ketahui bersama tema-teman,bahwa pada dasarnya perusahaan tidak pernah membebani pelamar/calon karyawan untuk mengeluarkan uang dalam proses seleksi.
Lain hal nya dengan para penipu yang mewajibkan membayar biaya administrasi sebagai persyaratan masuk kerja di perusahaan.

Itulah sedikit informasi tentang Penipuan bermodus lowongan kerja.
Semoga bisa menjadi perhatian kita semua untuk lebih waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan perusahaan terterntu.

Jika teman-teman punya pengalaman di tipu saat mencari kerja silahkan berbagi di sini ceritakan di kolom komentar untuk sekedar berbagi kepada teman-teman kita yang sedang mencari kerja,sehingga mereka bisa lebih waspada lagi dan tidak ada lagi korban penipuan bermodus lowongan kerja.




Pengalaman ditipu
Punya pengalaman kok pengalaman ditipu,,.haha,.
    Waktu itu saya mecoba melamar kerja via email di warnet,berkas sudah siap dan lengkap dan saya mulai mengirimkan lamaran saya ke banyak perusahaan.
Maklum pendatang baru di cikarang saya belum tahu nama-nama perusahaan.
Singkat cerita saya mendapatkan sms undangan panggilan kerja,dan saya suruh datang ke perumahan di daerah tambun Bekasi,.setelah saya datangi tempat itu ternyata tempat nya di ruko-ruko.
Tanpa ada rasa curiga apapun saya langsung masuk ker ruko itu dan menunjukan bukti sms bawa saya dapat undangan tes.
Setelah itu saya diminta mengisi biodata dan diwajibkan membayar uang adm sebesar Rp100.000 bagi seorang pengangguran itu harga yang mahal broo..
Kemudian saya akan ditempatkan di sebuah perusahaan dengan iming-iming gaji yang besar dan banyak lemburan nya..tapiiii harus bayar lagi 3ribu,saat itu daya tidak punya uang sebanyak itu dan saya memutuskan untuk pikir-pikir dulu.Dan si penipu itupun memberikan tenggang waktu kesesokan harinya harus datang dan membawa uang dengan nominal yang sudah ditentukan,dan baiya adm akan hangus apabila saya tidak datang.
Kemudin saya pulang dan bertanya kepada teman-teman tentang masalah ini.Setelah saya terlusuri ternyata perusahaan yang disebutkan tidak ada alias fiktif.Alhasil uang seratus ribu melayang dan pekerjaan tidak didapatkan.



iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penipuan Bermodus Lowongan Kerja Fiktif"

Post a Comment